top of page

APA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN JASA ARSITEK


Banyak orang yang lebih suka menggunakan jasa arsitek ketika akan membangun sebuah rumah. Selain ada kepuasan tersendiri yang akan kita dapatkan, hasil karya seorang jasa arsitek tentu saja lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan ilmu kita dan tukang bangunan yang serba pas-pasan.


Namun dibalik beragam keuntungan yang akan kita dapatkan, penggunaan jasa arsitek juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Bagi anda yang ingin membangun sebuah rumah dengan menggunakan bantuan seorang jasa arsitek, ada baiknya anda mengetahui keuntungan dan kekurangan menyewa arsitek sebagai bahan pertimbangan.


Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek


1. Mendapatkan desain terbaik


Ketika anda memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek, anda tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan desain rumah yang indah dan nyaman digunakan. Proses konstruksi bangunan rumah ini akan menjadi tanggung jawa seorang arsitektur, dalam hal ini anda hanya perlu menjelaskan seperti apa hunian yang hendak anda bangun, dan setelah itu seorang arsitek akan memberikan beberapa pilihan desain.


2. Mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat


Tidak ada jalan yang mulus, dan hukum ini juga berlaku dalam pembangunan sebuah rumah. Masalah-masalah kecil dalam pembangunan rumah pasti akan terjadi misalkan kekurangan lahan, dana yang kecil, dan masih banyak lagi lainnya.


Dengan ilmu dan pengalaman lapangan yang mereka miliki, masalah-masalah seperti ini pasti akan teratasi dengan baik. Jika lahan yang ada terlalu kecil, maka seorang arsitek pasti akan menyesuaikan ruangan yang ada dengan lahan tersebut. sedangkan untuk anggaran, mungkin saja arsitek akan merekomendasikan kepada anda tentang material-material low dana namun dengan kualitas yang cukup baik.


3. Proses pembangunan akan selalu dalam pengawasan


Keuntungan menggunakan jasa arsitek yang ketiga yaitu setiap proses pembangunan akan selalu mereka awasi, jadi anda bisa melakukan aktivitas seperti biasa tanpa harus takut ada kesalahan dalam pembangunan rumah.

Tidak hanya memastikan proses pembangunan rumah bisa selesai sesuai deadline, namun kesalahan-kesalahan yang mungkin akan dilakukan oleh tukang bangunan dapat diminimalisir.


Kekurangan Menggunakan Jasa Arsitek


1. Membutuhkan tambahan anggaran


Ketika anda memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek, maka anda perlu menyiapkan anggaran lain yang akan kita gunakan untuk membayar upah penggunaan jasa tersebut. total anggaran yang diperlukan juga cukup beragam, hal ini tergantung seberapa baik kualitas arsitektur yang akan anda sewa.


Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, anda bisa menggunakan seorang arsitektur muda yang baru menyelesaikan studynya. Namun perlu anda ketahui arsitek-arsitek fresh graduate seperti ini memiliki jam terbang yang rendah, jadi tidak menutup kemungkinan dalam proses pelaksanaannya akan terdapat beberapa kesalahan.


Namun jika anda memiliki anggaran yang lebih, sebaiknya menggunakan jasa arsitek profesional untuk menghindari beberapa kesalahan-kesalahan dalam menentukan pembangunan rumah tersebut.


2. Tidak Memiliki Hak Penuh Mengatur Pekerja


Meskipun mereka bekerja untuk anda, namun ketika sudah mulai memasuki proses konstruksi bangunan, seorang arsiteklah yang dapat mengatur bagaimana seorang tukang bangunan bekerja.


Biarkan mereka bekerja sebagaimana mestinya, ketika anda merasa sesuatu yang salah, jangan langsung menyuruh para pekerjanya, namun bicarakan terlebh dahulu dengan arsitek pilihan anda.



Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan jasa arsitek, anda bisa menggunakan hal ini sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk menyewa seorang arsitek atau tidak. Namun perlu anda ingat, rumah merupakan salah satu investasi jangka panjang, kenyamanan dan keindahan sebuah rumah adalah hal yang patut untuk anda prioritaskan.

bottom of page